Ad Code

Best Hosting

Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa itu Web Framework ?




Web framework atau kerangka website sering digunakan web developer untuk memudahkan pekerjaan mereka. Web framework merupakan seperangkat komponen yang dirancang untuk menyederhanakan proses pengembangan website. Di dalamnya terdapat basic structuring tools yang berfungsi sebagai dasar untuk pengembangan suatu proyek. Dengan web framework, developer dapat mengembangkan website dengan cepat dan mudah sehingga dapat tetap fokus pada detail-detail penting lainnya pada proyek yang akan dikembangkan.

Bayangkan jika Anda harus mengembangkan website atau web app yang memiliki lebih dari satu halaman serta berisi beberapa komponen yang sama, seperti :

  1. Login form
  2. Menu
  3. Galeri photo atau video
  4. Dashboard
  5. Social sharing options 

Web framework dapat membantu Anda membangun komponen di atas dengan waktu yang lebih cepat. Anda tidak perlu membangun satu persatu komponen di setiap halaman, karena framework dapat membantu melakukannya untuk Anda.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahaminya, mari kita ibaratkan proses pengkodean dengan proses membangun sebuah rumah. Ketika Anda membangun sebuah rumah, Anda akan membutuhkan beberapa komponen untuk setiap ruangan, seperti pintu, dinding dan jendela. Dengan menggunakan framework, Anda tidak perlu menyusun bata satu persatu untuk membangun dinding. Anda tinggal meminta komponen dinding, dan sistem akan menyediakannya untuk Anda.

Kelebihan web framework :

  1. Menghemat waktu, membuat proses pengembangan berjalan lebih cepat.
  2. Maintenance yang lebih mudah
  3. Lebih aman. Framework yang banyak digunakan memiliki implementasi keamanan yang baik. Selain itu, komunitas besar pengguna framework dapat menjadi penguji jangka panjang yang akan melapor ketika mereka menemukan celah keamanan di dalamnya. 
  4. Menghemat pengeluaran karena pengembangan web tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga client tidak perlu mengeluarkan biasa yang besar.

Kekurangan web framework :

  1. Ketika menggunakan kerangka kerja, Anda akan banyak belajar mengenai kerangka kerja, bukan bahasa pemrograman yang digunakan.
  2. Setiap framework memiliki limit dan aturan sendiri.

sumber : https://webdev-id.com/berita/apa-itu-web-framework/


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement